Cara Meningkatkan Motivasi Kerja Pada Diri Sendiri Dan Manfaatnya

Memberikan motivasi kerja pada diri sendiri adalah hal yang sangat penting, untuk itu kita harus mengetahui cara dan manfaatnya.

Mengedepankan kesuksesan suatu perusahaan adalah hal yang sengat penting, dan karyawan mempunyai peran untuk mencapainya. Sehingga itu seperti menjadi tuntutan agar bisa bekerja dengan produktif dan terus berusaha lebih baik lagi, serta berupaya untuk terus memiliki semangat yang tinggi.

Pencapaian akan kesuksesan itu tentu menjadi cukup sulit, apabila kita yang menjadi karyawan pada suatu perusahaan kehilangan gairah atau semangat ketika bekerja. Kemudian bisa berdampak pada kinerja yang buruk, karena hal itu dapat mengganggu aktivitas untuk menjalankan tugas-tugas di tempat kita bekerja.

Cara Meningkatkan Motivasi Kerja Pada Diri Sendiri Dan Manfaatnya
Gambar. Cara meningkatkan motivasi kerja pada diri sendiri dan manfaatnya. Sumber. pixabay.com

Untuk itu kita harus memiliki kemampuan dalam memberikan dan meningkatkan motivasi kerja pada diri sendiri. Karena mendorong diri sendiri agar tetap produktif dan tidak boleh terlau bergantung pada orang lain adalah hal yang baik, serta dengan memotivasi diri sendiri dalam pekerjaan juga banyak memberi manfaat.

Di sisi lain hal itu juga menjaga kita agar tidak dipandang buruk oleh perusahaan dan profesionalitas diri. Untuk itu pada pembahasan kali ini kita akan mencoba mengenal lebih jauh bagaimana cara meningkatkan motivasi kerja pada bagi diri sendiri, serta apa saja manfaatnya?

Cara Meningkatkan Motivasi Kerja Bagi Diri Sendiri

Bagaiamana cara meningkatkan motivasi kerja pada diri sendiri? Mengenai pertanyaan ini, maka ada beberapa yang bisa dijadikan sebagai contoh atau langkah-langkah dalam memberikan motivasi pada pribadi kita dalam bekerja. Adapun hal ini akan diuraikan, yaitu sebagai berikut:

1. Buatlah Tujuan Yang Ingin Dicapai

Semua orang dalam kondisi dan situasi tertentu pasti pernah mengalami rasa penat, jenuh, malas maupun kurang bersamangat. Tidak sedikit hal ini juga di alami dalam dunia kerja, sehingga akan mengganggu, serta berdampak pada kinerja kita dalam suatu organisasi maupun perusahan di mana kita bekera. 

Untuk mengatasi hal ini salah satunya adalah dengan mengingat apa yang menjadi tujuan anda. Dengan begitu bisa membangitkan kembali semangat yang telah hilang, karena orang yang mempunyai tujuan mereka cenderung tidak pernah menyerah dengan keadaan atau situasi yang dialaminya.

Apa yang harus dilakukan? Yaitu salah satunya adalah anda bisa saja mengingat kembali bahwa masih ada orang-orang tercinta untuk dibahagiakan, adanya keinginan mengumpulkan modal untuk bisnis mandiri atau bisa juga dengan tujuan menjadi lebih profesional di bidang tertentu. Ada berbagai macam mengenai hal ini, namun setiap orang pasti berbeda-beda maka tentukanlah tujuan anda dari sekarang.

2.  Berusaha Berpikir Positif dan Bersyukur

Salah satu cara untuk meningkatkan motivasi kerja bagi diri sendiri adalah adanya sikap dan upaya berpikir yang positif serta pintar-pintar dalam bersyukur. Orang yang mempunyai pikiran yang sehat, lebih cenderung melihat tantangan atau masalah sebagai salah satu bagian dari dirinya untuk terus berkembang.

"Terbentur, Terbentur, Terbentur Kemudian Terbentuk"

Bersyukur adalah salah satu ciri mental yang sehat, karena dengan begitu mereka cenderung tidak mengeluh. Ada hal positif di dalam dirinya seperti "ada begitu banyak orang di luar sana yang sulit mendapatkan pekerjaan, sedangkan kita sudah lebih pada titik di mana harus bekerja dengan baik".

3. Berikan Penghargaan Pada Diri Sendiri

Begitu banyak waktu yang tersita ketika sedang menyelesaikan pekerjaan atau target tertentu, sehingga melupakan bahwa diri kita sendiri juga membutuhkan hal-hal lain sebagai bentuk penghargaan diri. Artinya kita juga butuh meluangkan waktu untuk rehat sejenak.

Kita tidak perlu memaksakan diri pada kondisi yang penuh tekanan atau masalah, namun juga tidak harus lari darinya. Apa yang harus dilakukan salah satunya adalah memberikan waktu luang untuk mengumpulkan energi yang positif, kemudian kembali dengan solusi agar bisa menyelesaikan apa yang sedang dihadapi.

4. Belajar Mencintai Pekerjaan

Terkadang orang bersikap mengeluh dengan jenis atau pekerjaan yang sedang mereka lakukan, sehingga memicu rasa malas Atau kehilangan motivasi kerjanya. Apabila ini tidak ditangani maka akan sangat berdampak pada kinerja mereka. Lantas bagaimana cara mengatasi hal ini? 

Hal yang pertama untuk dilakukan adalah dengan mencintai pekerjaan anda saat ini. Anda mungkin bertanya bagaimana agar bisa mencintai pekerjaan kita sendiri? Untuk menjawab pertanyaan ini, maka ada prinsip yang harus dipegang, yaitu “jangan meludah sumur di mana engkau menimba air dari situ.”

Artinya kita sebagai karyawan tidak boleh mengeluh atau membenci dengan tugas atau pekerjaan yang saat ini menjadi tanggung jawab kita. Karena setiap perusahaan tempat bekerja ibarat sumur, yang merupakan sumber makan, minum serta bentuk pemenuhan kebutuhan lainnya. Sehingga kita harus belajar mencintai pekerjaan kita, dan tidak boleh mengotorinya dengan kebencian.

5. Jangan Takut dan Ragu

Terkadang orang kehilangan motivasi kerja karena adanya perasaan takut dan ragu. Kondisi seperti ini bisa saja di alami seseorang, misalnya ketika ada sesuatu yang kurang diketahui mengenai jenis pekerjaannya. Dalam konteks ini juga sangat berpengaruh terhadap gairah dan semangat karyawan untuk bekerja.

Adapun upaya untuk menepis atau cara untuk melawan perasaan takut dan ragu adalah dengan menganggap setiap hal-hal baru itu, sebagai tantangan untuk terus berkembang. Apa yang belum diketahui bisa di tanyakan langusung pada rekan kerja, sekaligus dapat membangun hubungan dengan mereka.

Manfaat Meningkatkan Motivasi Kerja Pada Diri Sendiri

Meningkatkan motivasi kerja pada diri sendiri memiliki berbagai manfaat yang signifikan, baik bagi kehidupan pribadi maupun profesional seseorang. Berikut adalah beberapa manfaat penting dari meningkatkan motivasi kerja pada diri sendiri:

1. Tingkat Energi yang Lebih Tinggi

Orang yang pintar memotivasi diri untuk bekerja adalah suatu nilai lebih yang dimiliki oleh perusahaan atau organisasi. Karena mereka lebih cenderung berenergi yang lebih tinggi, sehingga selalu aktif dan bersemangat dalam melaksanakan pekerjaan maupun tugas-tugas yang diberikan.

2. Pencapaian Tujuan

Orang yang mampu menciptakan motivasi kerja pada dirinya sendiri adalah suatu kemampuan yang sangat penting. Karena hal itu bisa memberikan fokus yang lebih terarah untuk mencapai tujuan dari pelaksanaan tugas-tugasnya. Mereka menjadi tidak mudah patah semangat, walaupun ada beragam tantangan dan menghindari melakukan hal yang sia-sia.

3. Meningkatkan Produktivitas 

Apabila seseorang mampu meningkatkan motivasi terhadap dirinya sendiri, maka hal itu dapat membuat mereka menjadi lebih produktif lagi. Karena adanya dorongan untuk lebih fokus pada pekerjaan, dan membuatnya lebih efisian. Sehingga manfaat memotivasi pada diri sendiri ini dapat meningkatkan produktivitas kerjanya.

4. Adanya Kepuasan Pribadi 

Orang yang selalu memberikan motivasi bagi dirinya sendiri juga lebih cenderung memiliki tingkat kepuasan yang tinggi. Apalagi ketika mereka mampu mencapai tujuan-tujuan tertentu, hal itu memberikan rasa bangga dan puas terhadap pencapaian yang dilakukan.

5. Meningkatan Kualitas Kerja

Karyawan yang memiliki energi, tujuan, produktivitas yang tinggi serta kepuasan pribadi adalah bagain dari manfaat ketika meningkatkan motivasi pada diri sendiri.  Kemudian hal itu juga dapat memberikan kualitas kerja yang signifikan, karena tingginya semangat hasil kerja menjadi lebih baik lagi. 

Baca Juga: Motivasi Kerja: Berikut Ini Pengertian, Prinsip-Prinsip, Tujuan Dan Cara Meningkatkan Motivasi Kerja.

Manfaat dari meningkatnya kualitas kerja karyawan ini juga memberikan dampak positif bagi dirinya sendiri dan perusahaan, karena mereka mempunyai tujuan dan selalu fokus untuk menciptakan prestasi membentuk reputasi mereka yang profesional.

6. Adanya Rasa Percaya Diri

Orang yang mampu meningkatkan motivasi kerja lebih cenderung memiliki kepercayaan diri yang baik. Apalagi ketika mereka bisa mencapai tujuan-tujuan yang sudah ditetapkan, itu akan lebih menambah semangat mereka agar terus bekerja lebih keras lagi.

Dengan demikian hal itu membuat mereka terus mencoba memanfaatkan kemampuan yang mereka miliki, agar bisa memaksimalkan pekerjaan mereka. Rasa percaya diri ini juga mendorong mereka agar mau menerima dan melaksanakan tanggung jawab serta tugas-tugas baru yang akan diberikan.

7. Kreatif dan Inovatif

Karyawan yang memiliki motivasi tinggi juga lebih cenderung kreatif dan berusaha menciptakan inovasi-inovasi untuk kelancaran serta kesuksesan perusahaan. Hal itu sangat memungkinkan, apalagi ketika ditambah dengan rasa percaya diri yang ada dalam diri mereka.

Dengan begitu mereka juga akan merasa lebih berani untuk mencoba pendekatan atau hal-hal baru, serta lebih berupaya mencari solusi dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang sedang dihadapi. Karyawan yang kreatif dan inovatif mampu mendapatkan cara-cara baru dan unik dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan.

8. Lebih Mampu Menghadapi Tantangan

Orang yang dapat meningkatkan motivasi dirinya sendiri juga lebih cenderung bisa menghadapi tantagan-tantangan yang datang pada mereka. Apalagi adanya rasa percaya diri yang tinggi, kreativitas dan inovasi. Maka mereka tidak mudah goyah ketika ada permasalahan pada pekerjaannya.

9. Meningkatan Kualitas Hidup

Motivasi kerja yang meningkat juga berdampak pada peningkatan kualitas hidup secara keseluruhan. Seseorang yang termotivasi cenderung lebih bahagia, lebih seimbang dalam kehidupan, dan memiliki perasaan kepuasan yang lebih tinggi terhadap hidup mereka.

10. Memberikan Pengaruh Positif Pada Orang Lain

Meningkatkan motivasi kerja pada diri sendiri dapat menjadi contoh dan inspirasi bagi orang lain di sekitar mereka. Ketika ada karyawan yang melihat seseorang yang termotivasi dan berhasil mencapai tujuan-tujuan mereka, hal itu dapat mempengaruhi mereka agar bisa melakukan hal yang sama.

Kesimpulan

Meningkatkan motivasi kerja pada diri sendiri memiliki banyak manfaat positif, baik secara pribadi maupun profesional. Motivasi yang tinggi meningkatkan produktivitas, membantu mencapai tujuan, meningkatkan rasa percaya diri, dan menciptakan dampak positif pada kualitas hidup. 

Melalui komitmen untuk mengenali tujuan, mengambil tindakan yang tepat, dan memelihara semangat untuk tumbuh dan berkembang, seseorang dapat meningkatkan motivasi kerja mereka secara signifikan.

Mau donasi lewat mana?

Paypal
Bank BNI - An.siti fatimang / Rek - 1860003927932
Jika artikel ini cukup bermanfaat! Mungkin anda bisa bantu saya untuk terus berkembang dengan cara memberikan donasi. Klik icon panah di atas
Seorang penulis lepas manajemen sumber daya manusia, yang fokus tentang kajian human relationship.

Post a Comment

Created by
DMCA.com for Blogger blogs

© ‧ Manajemen Pedia. All rights reserved. Made with ♥ by Jago Desain