Apa Itu SEO? Berikut Ini Pengertian, Komponen dan Manfaatnya

Apa itu SEO? Yaitu suatu strategi dalam meningkatkan trafik situs website. Lantas apa saja komponen dan manfaatnya?

Keterampilan digital marketing sangat dibutuhkan di era perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat saat ini. Pengguna internet mulai mencari apa yang dibtuhkan melalui gadget dengan berbagai platform media sosial dan situs web.

Apa Itu SEO? Berikut Ini Pengertian, Komponen dan Manfaatnya
Gambar. Apa Itu SEO? Berikut ini pengertian, komponen dan manfaatnya. Sumber by [Firmbee] via pixabay.

Untuk itu sangat dibutuhkan kemampuan pemasaran digital agar para pengguna internet dapat menemukan produk atau konten kita, di setiap mesin pencarian atau browser seperti google, bing, yandex, dan sebagainya. Ada berbagai teknik khusus yang biasa dipakai dalam dunia marketing, yaitu SEO.

Teknik SEO digunakan agar situs website yang berisi konten dan produk kita bisa berada di halaman teratas mesin pencari. Karena biasanya suatu halaman web yang berada di bagian pertama lebih mudah ditemukan, dan pengguna cenderung mengklik tautan tersebut.

Lantas apa itu SEO? Dalam pembahasan ini kita akan mencoba mengenal sedikit gambaran tentang pengertian dari istilah tersebut. Mungkin saja ketika telah mengetahuinya, membuat kita lebih mudah menerapkannya dalam dunia pemasaran digital.

Apa Itu SEO?

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization yaitu suatu teknik atau strategi yang digunakan agar dapat meningkatkan peringkat situs blog atau website di mesin pencari. Hal itu bisa berupa browser seperti google, bing, yahoo, yandex dan sebagainya.

Optimasi itu dilakukan agar produk atau konten yang mereka buat dapat dengan mudah ditemukan oleh orang lain. Adapun beberapa pengertian SEO juga dapat di lihat pada uraian berikut ini:

  • Hernawati (2013)

SEO diartikan sebagai proses rangkaian yang dilakukan dengan sistematis dalam mengoptimalkan jumlah kunjungan atau trafik website di mesin pencari agar semakin meningkat.

  • Neil Patel 

Menurut Neil Patel, seorang pakar digital marketing yang cukup terkenal menjelaskan bahwa SEO adalah upaya dalam membuat keramahan terhadap pengalam pengguna di mesin pencari. Setiap konten, struktur url situs dan hal teknis lainnya harus di optimalkan agar meningkatkan halaman web di mesin pencarian. Sumber: [NeilPatel.com].

  • Backlinko (Brian Dean)

Brian Dean dari Backlinko menjelaskan bahwa SEO adalah upaya untuk mengetahui kebutuhan pengguna yang dicari melalui mesin pencarian. Kemudian hal itu di dalamnya terdapat riset keyword (kata kunci), mengoptimalkan konten, dan pengembangan struktur URL yang berkualitas. Sumber: [backlinko.com].

  • Search Engine Journal

SEO adalah upaya dalam pengoptimalan baik itu dari internal maupun eksternal pada suatu situs website, agar dapat meningkatkan jumlah kunjungan di mesin pencari. Sumber: [searchenginejournal.com].

Mengapa SEO Penting?

Apa target dari menggunakan SEO? Pertanyaan ini juga mewakili tentang pentingnya melakukan optimasi pada mesin pencaharian. Hal ini memungkinkan karena calon konsumen sudah banyak menggunakan teknologi informasi berbasis digital dalam mencari dan memenuhi kebutuhannya.

Penggunaan internet oleh masyarakat dalam mencari apa yang mereka butuhkan sudah cukup marak, dan mungkin sudah menjadi suatu gaya hidup. Dalam digital marketing yang menggunakan website juga harus memiliki kemampuan agar produk mereka dapat muncul dengan mudah di mesin pencari.

Untuk itu sangat penting dalam memahami SEO, karena hal ini dapat meningkatkan peringkat situs web di mesin pencari. Mengenai dengan pertanyaan mengapa seo sangat penting? Beberapa uraian berikut ini mungkin dapat memberikan sedikit keterangan.

1. Meningkatkan Visibilitas dan Lalu Lintas

Apakah anda pernah mencari sesuatu seperti mengetiknya di kolom pencarian google, bing atau browser lainnya? Kemudian lihatlah hasil yang muncul di halaman pertama dan paling teratas tersebut, posisi tersebut mungkin membuat anda tertarik untuk mengklik salah satunya.

Perlu diketahui bahwa suatu halaman website yang menempati posisi pertama atau bagian teratas tidaklah mudah, karena hal itu membutuhkan optimasi SEO seperti yang kita bicarakan saat ini. Intinya SEO membuat halaman artikel maupun produk pada dari situs website bisa muncul di bagian teratas mesin pencari.

2. Kredibilitas dan Kepercayaan

Berada pada peringkat atau posisi pertama di halaman mesin pencari juga memberikan manfaat pada suatu website, yaitu mendapatkan kepercayaan dan dianggap kredibel oleh para pengguna internet melalui browser.

Pengguna internet ketika mencari sesuatu di mesin pencari cenderung merasa apa yang muncul di halaman pertama dan berada pada bagian teratas merupakan sumber yang baik dan dapat mereka percayai.

3. Pengalaman Pengguna yang Lebih Baik

Penerapan SEO sangat bermanfaat bagi pengalaman pengguna ketika berada di halaman situs website kita. Karena di dalamnya terdapat upaya optimasi konten maupun struktur web seperti navigasi yang mudah serta memperhatikan kecepatan website. Semua itu dilakukan agar mereka nyaman dan bertahan lama di halaman web kita.

4. Tingkat Konversi yang Lebih Tinggi

Manfaat dari penerapan SEO lainnya adalah dapat membantu membuat target dengan memilih kata kunci (keyword) yang relevan, dan bernilai tinggi di mesin pencarian. Sehingga meningkatkan trafik website atau mendatangkan pengunjung sebagai calon konsumen yang lebih banyak.

Komponen-Komponen SEO

Untuk memahami Search Engine Optimization (SEO) dengan baik dan bisa menerapkannya, maka alangkah baiknya kita mengetahui beberapa komponen-komponennya. Sehingga hal itu bisa lebih efektif lagi, adapun praktik SEO yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut:

1. Membuat Riset Keyword

Komponen SEO yang pertama ini adalah cara mencari kata kunci yang relevan, bernilai tinggi, dan bahkan melihat rendahnya persaingan ketika ingin menggunakannya. Bisa dikatakan ini sebagai langkah awal yang harus dipahami ketika ingin menerapkan strategi SEO.

Baca Juga: Mengenal SEO On-Page dan Off-Page serta Perbedaannya.

Pemilihan kata kunci yang tepat bisa membantu suatu halaman website agar bisa ditemukan oleh pengguna, yang pada saat itu mencari sesuatu di internet atau mesin pencari seperti google, bing, yahoo dan lainnya.

2. Optimasi Konten

Apa yang perlu diingat dalam strategi SEO yaitu konten adalah raja, sehingga sangat penting memperhatikan kualitas dari suatu konten. Bahkan di dalamnya juga terdapat kata kunci, bagian-bagian penting seperti judul, paragraf dan lainnya, untuk itu sahakan tidak membuat konten yang copy paste atau menghindari plagiasi.

Konten yang berkualitas tinggi dapat membantu memberikan peringkat website di mesin pencari, dan bahkan bisa berada di halaman teratas. Untuk membuat konten  dengan kualitas yang baik, maka upayakan hal itu bersifat informatif, menarik, dan dianggap bermanfaat bagi pengguna.

3. Optimasi On-Page

Ini adalah strategi SEO yang dilakukan di dalam halaman atau internal situs website kita sendiri. Hal dilakukan dengan mengoptimalkan setiap konten maupun hal-hal teknis di dalamnya seperti header (H1,H2, dan H3), struktur url, mengoptimalkan gambar, internal link dan meningkatkan kecepatan situs web.

4. Optimasi Off-Page

Ini merupakan strategi SEO dengan mengoptimalkan dari eksternal situs web sebagai upaya meningkatkan peringkat di mesin pencarian. Hal yang perlu dilakukan adalah membuat backlink, meningkatkan domain authority (DA), dan promosi ke media sosial.

5. Tautan Balik (Backlinks)

Internal link adalah bagian dari straategi SEO on-page misalnya membuat artikel terkait seperti baca juga yang menuju pada halaman lainnya, akan tetapi masih berada dalam situs web kita sendiri. Sedangkan backlink adalah strategi SEO off-page.

Backlink bisa digambarkan yaitu seperti ada link halaman kita pada situs web orang lain, apabila mereka mengklik link tersebut maka ia akan mengarah pada situs web kita. Dengan kata lain diartikan sebagai tautan balik, hal ini berkualitas tinggi maka sangat berfungsi dalam meningkatkan peringkat website.

6. Optimasi Pengalaman Pengguna

Agar terlihat ramah di mesin pencari, maka salah satu strategi SEO berikutnya yang harus diperhatikan adalah mengoptimalkan pengalaman pengguna. Yaitu situs web harus responsif, artinya tidak hanya bisa dibuka melalui desktop, melainkan juga dengan versi mobile.

Di sisi lain yang harus diperhatikan agar situs web bisa meningkatkan trafik yang banyak, maka hal itu harus membuat pengguna merasa nayaman dan mudah ketika berada di dalamnya. Untuk itu sangat penting dalam membuat menu navigasi yang baik dan tidak menyulitkan mereka, sehingga bisa menjadikan pengalaman yang baik bagi pengguna.

7. Mengoptimalkan Gambar

Konten situs apabila menggunakan gambar, maka hal itu juga perlu dioptimalkan. Apa yang perlu diperhatikan di sini adalah gambar yang digunakan sesuai dengan isi konten, bahkan dengan deskripisnya (alt text) juga harus relevan, jauh dari plaagiasi, dan upayakan mengkompres agar tidak membuat halaman web menjadi berat.

8. Penyusunan URL yang Ramah SEO

Berikutnya memperhatikan struktur URL website dan upayakan hal itu tersusun rapi, agar ramah ketikaa dibaca oleh mesin pencari. Bisa juga ada kata kunci di dalamnya seperti membuat meta description. Namun hal ini juga harus diperhatikan agar tidak berlebihan.

Lantas berapa jumlah karakter maksimum untuk meta description di SEO? Mengenai hal ini, bisa diupayakan agar tidak lebih dari 150 karakter ketika ingin menerapkan meta deskripisi. Sehingga hal ini bisa menjadi ringkasan pada pengguna bahwa halaman yang ada pada situs web kita, memang benar memberikan informasi yang mereka cari.

9. Kecepatan Halaman

SEO sangat memperhatikan kualitas kecepatan halaman situs web, bayangkan saja betapa jengkelnya ketika kita membuka sebuah website yang begitu lambat. Untuk itu upayakan membuatnya bisa berjalan dengan lancara agar nyaman bagi pengguna. 

Hal ini bisa dilakukan dengan tidak mengunggah gambar dengan kapasitas yang besar, dan terlalu banyak script berat seperti java script. Untuk selalu cek secara berkala performa situs, yang bisa saja dilakukan dengan tols google seperti PeegSpeed dan lainnya.

10. Sosial Media

Sosial media memang tidak bisa mempengaruhi secara langsung peringkat situs web, namun bisa saja dimanfaatkan untuk membuat jalur lalu lintas visitor agar mengunjungi website kita. Misalnya dengan membuat halaman facebook, pstingan instagram, twitter dan sebagainya.

11. Pemantauan dan Analisis

Memantau, mengukur, dan mmenganalisis situs web sendiri juga merupakan bagian dari SEO. Kita bisa mengetahui sejauh mana optimasi yang dilakukan dengan meihatnya dari beberapa platform seperti Google Analytic, dan Google Search Console atau web master browser lainnya.

Referensi

Hernawati, Kuswari. 2013. Optimalisasi SEO (Search Engine Optimizer) sebagai upaya meningkatkan unsur Visibility dalam Webometric. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2009.

Mau donasi lewat mana?

Paypal
Bank BNI - An.siti fatimang / Rek - 1860003927932
Jika artikel ini cukup bermanfaat! Mungkin anda bisa bantu saya untuk terus berkembang dengan cara memberikan donasi. Klik icon panah di atas
Seorang penulis lepas manajemen sumber daya manusia, yang fokus tentang kajian human relationship.

Post a Comment

Created by
DMCA.com for Blogger blogs

© ‧ Manajemen Pedia. All rights reserved. Made with ♥ by Jago Desain