Mengenal Pengertian Digital Marketing Serta Keunggulan dan Kelemahaannya

Apa itu digital marketing? dan bagaimana pengertian digital marketing menurut para ahli serta keunggulan dan kelemahannya?

Manajemen pemasaran adalah bagian yang sangat penting bagi suatu organisasi atau perusahaan. Sehingga mereka harus mampu melihat situasi pasar dan perkembangan zaman yang semakin pesat agar mampu meningkatkan penjualan produknya.

Untuk itu dalam dunia yang semakin canggih, manajemen pemasaran sudah seharusnya mempunyai strategi-strategi dalam mencapai target dan tujuannya. Sehingga konsep digital marketing merupakan hal yang harus diterapakan oleh manajemen pemasaran atau bentuk strategi dalam memanfaatkan teknologi informasi yang semakin canggih saat ini.

Mengenal Pengertian Digital Marketing Serta Keunggulan dan Kelemahaannya
Gambar. Mengenal pengertian digital marketing serta keunggulan dan kelemahaannya. Sumber. pixabay.com

Lantas apa itu digital marketing? Untuk itu dalam pembahasan kali ini kita akan mencoba mengenal lebih jauh tentang digital marketing, yang saat ini telah banyak digunakan untuk memaksimalkan penjualan. Pembahasan ini juga akan memperkenalkan keunggunlan dan kelemahan dari digital marketing.

Pengertian Digital Marketing

Pemasaran digital merupakan salah satu media pemasaran yang kini sedang banyak di minati oleh masyarakat, digital marketing mempermudah kegiatan pemasaran, selain mudah digital marketing memiliki jangkauan pasar yang lebih luas. Adapun beberapa pengertian digital marketing menurut para ahli adalah sebagai berikut:

  • Chaffey (2002) 

Memberikan definisi digital marketing adalah suatu pemanfaatan teknologi berbasis digital, seperti online chanel di pasar. Hal ni berupa email, website, data base, TV maupun dilakukan dengan berbagai inovasi baru lainnya. Kemudian dilakukan sebagai bentuk jejaring sosial dalam membantu kegiatan pemasaran termasuk feed dan podcast.

  •  Sanjaya & Tarigan (2009)

Memberikan pengertian digital marketing yaitu suatu kegiatan pemasaran, yang di dalamnya termasuk branding dengan menggunakan beragam media. Biasanya kegiatan yang dilakukan seperti berbasis email, blog, adwords dan website serta penggunaan jenis media sosial sejenisnya.

  • Urban (2004:2) 

Mendefinisikan marketing digital adalah media aktivitas pemasaran, yang menggunakan internet atau teknologi informasi sebagai bentuk fasilitasnya. Hal ini bertujuan agar bisa memperkuas pasar dan meningkatkan fungsi-fungsi marekting dalam suatu perusahaan atau organisasi tertentu.

  • Purwana (2017)

Memberikan pengertian apa itu digital marketing? Yaitu sebagai upaya dalam memanfaatkan jenis-jenis media sosial, dengan tujuan promosi dan memperluas jejaring pasar dengan media digital dalam bentuk online.

Beberapa pengertian atau definisi digital marketing menurut para ahli di atas, mungkin dapat memberikan kita sedikit gambaran tentang apa yang dimaksud dengan digital marketing. Adapun menurut Ali Hasan (2013) mendeskripsikan bahwa pemasaran digital atau digital marketing mempunyai sejumlah karakteristik sebagai berikut: 

  • Sebagai bentuk meningkatkan aktvitas atau hubungan bisnis dengan konsumen yang cenderung menggunakan teknologi.
  • Adanya komunikasi melalui elektronik atau teknologi yang interaktig, sebagai upaya pemberian pesan atau akses informasi kepada konsume baik itu kelompok maupun individu.
  • Adanya aktivitas kegiatan bisnis menggunaka internet yang bertujuan untuk penelitian, analisis maupun perencanaan sebagai upaya menemukan, menarik, serta mempertahankan konsumen.
  • Adanya upaya penjualan barang dan jasa melalui internet untuk meningkatkan akselarasi.

Penggunaan Media Digital Marketing

Penggunaan media dalam dunia pemasaran menurut Desra (2019) dalam jurnalnya memaparkan bahwa pemasaran dibedakan menjadi dua bagian yaitu marketing online dan offline, namun semakin berkembangnya teknologi saat ini membuat pemasaran secara online lebih banyak diminati dan dipilih sebagai aktivitas pemasaran. 

Lantas apa saja penggunaan media dalam digital marketing sebagai upaya meningkatkan penjualan dan ikut dalam perkembangan teknologi informasi saat ini? Menurut Desra (2019) adapun media yang digunakan untuk proses digital marketing yaitu sebagai berikut:

1. Website

Kehadiran website sangat berperan dalam menunjukkan profesionalisme suatu organisasi atau perusahaan, karena membantu konsumen mengetahui sudut pandang atau profil dari suatu perusahaan. 

Memilki website tidak hanya dianggap sebagai media promosi, melainkan dapat menjadi branding suatu perusahaan dikenal banyak khalayak. Penggunan dan pembuatan website juga banyak yang menggunakan platform cms seperti blogger, wordpress, sitepro dan sebagainya. 

2. Search Engine

Search engine adalah suatu mesin pencarian yang dilakukan untuk mendapatkan informasi atau kebutuhan seseorang. Search engine ini bisa dilakukan pada browser seperti google, yahoo, mozila fire fox dan sebagainya.

Upaya untuk membuat website perusahaan mudah ditemukan oleh konsumen dalam mencari informasi yang dibutuhkan, maka harus memaksimalkannya pada search engine atau sistem mesin pencari. 

3. Social Media 

Media sosial adalah jenis aplikasi yang menggunaka internet untuk menciptakan pemahaman atau ideologi maupun tentang teknologi berbasis web 2.0, yang kemudian diharapkan dapat memberikan atau adanya pertukaran berbagai penggunanya, (Stockdale et al., 2012).

Dalam digital marketing suatu organisasi atau perusahaan banyak yang menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram, tik-tok, twitter dan sebagainya. Hal ini dilakaukan tidak hanya sebagai media promosi melainkan dapat mempermudah akses pada konsumen dan manfatnya pada branding perusahaan 

4. Online Advertising

Media ini dapat disebut juga sebagai media promosi melalui internet dengan metode berbayar. Hal ini dilakukan agar dapat mendapatkan konsumen lebih cepat dan memuaskan namun terbilang lebih mahal dibandingkan jenis yang sebelumnya, seperti menggunakan aplikasi market place yang ada. 

5. Email 

Penggunaan lainnya yaitu dengan email, yang membuat suatu perusahaan dapat memberikan informasi terbaru tentang produknya atau tentang promosi yang sedang berlangsung baik itu produk atau jasa terbaru melalui personal email konsumen. 

6. Video 

Dengan cara ini, perusahaan dapat langsung menjelaskan tentang produk yang ditawarkan, menjelaskan produk dan cara menggunakannya serta menampilkan testimonial pelanggan serta dengan model atau tampilan yang menarik agar membuat banyak orang terkesan dan berkeinginan untuk membeli produk yang ditawarkan.

Keunggulan dan Kelemahan Digital Marketing

Dengan demikian kita bisa memahami digital marketing sebagai bentuk aktivitas pemasaran, dalam membantu kegiatan promosi baik produk maupun jasa dengan menggunakan teknologi digital. Walaupun begitu terdapat beberapa keunggulan dan kelemahan dari marketing digital.

Mengenai pertanyaan apa keunggulan digital marketing? Menurut Wardhana (2015) berdasarkan temuan dari hasil penelitiannya mengatakan bahwa menggunakan strategi digital marketing dapat memberikan keunggulan 78% khususnya pada UMK untuk aktivitas promosinya. Adapaun keunggulan tersebut dapat diuraikan sebagai berikut:

  • Bisa mengatur terget baik secara demografis atau domisili dan gaya hidup maupun kebiasaan calon konsumen.
  • Bisa melihat hasil dengan cepat, sehingga dapat melakukan perubahan atau evaluasi apabila ada yang tidak sesuai. 
  • Pembiayaannya lebih terjangkau dibandingkan proses pemasaran konvensional.
  • Bisa menjangkau pasar yang lebih luas.
  • Tidak dibatasi waktu karena kapanpun bisa diakses.
  • Bisa mengukur hasil seperti melihat jumlah pengunjung pada situs atau melihat jumlah aktivitas pembelian oleh konsumen secara online.
  • Bisa membuat personalisasi pada aktivitas pemasarannya.
  • Adanya kepercayaan karena terdapat hubungan dengan komunikasi secara langsung atau dua arah. 

Di samping terdapat keunggulan dari suatu metode atau strategi pemasaran, sejatinya di balik itu juga terdapat beberapa kelemahan. Lantas apa saja kelemahan dari digital marketing? Adapun kelemahan tersebut dapat diuraikan yaitu sebagai berikut:

  • Pesaing bisa dengan mudah meniru strategi pemasaran
  • Mudah untuk disalahgunakan
  • Bisa membuat reputasi buruk apabila adanya respon yang negatif dari konsumen
  • Tidak semua orang mengguanakan dan memaahami teknologi.

Referensi

  • Ali, H. 2013. Marketing-dan-Kasus-Kasus-Pilihan. Yogyakarta: CAPS.
  • Chaffey, Dave. 2002. E-Business-and-E-Commerce-Management. Strategy, Implementation-and-Practice. Fourth-Edition. Prentice-Hall.
  • Desra, 2019, Marketing-Pengertian, Jenis dan Manfaat-Pemasaran-Online.
  • Heidrick and Struggles. 2009. The-Adoption-of-Digital-Marketing-in-Financial. Services Under Crisis.
  • Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. 2017. Pemanfaatan-Digital-Marketing-Bagi-Usaha-Mikro, Kecil, Dan-Menengah (UMKM)-Di-Kelurahan-Malaka-Sari, Duren Sawit. Jurnal-Pemberdayaan-Masyarakat-Madani (JPMM), 1(1), 1-17.
  • Sanjaya, R., & Tarigan, J. 2009. Creative-Digital-Marketing. Jakarta: Elex-Media-Komputindo. 
  • Stockdale, Ahmed, & Scheepers. 2012. Identifying-Business-Value-from-The-Use-of -Social Media: An-SME-Perspective. Pacific-Asia-Conference-on-Information-Systems. Association-for-Inforamtion-System-Electronic-Library.
  • Urban, Glen. L. 2004. Digital-Marketing-Strategy: text-and-cases. Pearson-Education.
  • Aditya wardhana. 2015. Strategi-Digital-Marketing-dan-Implikasinya-Pada-Keunggulan-Bersaing-UMK-di-Indonesia. Dalam-Seminar-Nasional-Keuangan-dan-Bisnis IV (pp. 327–337). Universitas-Pendidikan-Indonesia. 

Mau donasi lewat mana?

Paypal
Bank BNI - An.siti fatimang / Rek - 1860003927932
Jika artikel ini cukup bermanfaat! Mungkin anda bisa bantu saya untuk terus berkembang dengan cara memberikan donasi. Klik icon panah di atas
Seorang penulis lepas manajemen sumber daya manusia, yang fokus tentang kajian human relationship.

Post a Comment

Created by
DMCA.com for Blogger blogs

© ‧ Manajemen Pedia. All rights reserved. Made with ♥ by Jago Desain